Kamis, 01 Juni 2017

Belajar Bahasa Pemrograman Java Bagi Pemula





Apa itu JAVA?

Java adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mendekati bahasa manusia. Kemunculan bahasa Java ini sebagai jawaban untuk menyederhanakan bahasa pemrograman seperti C dan C++.
Konsistensi API pada berbagai platform OS membuat bahasa Java menjadi pilihan dalam membuat kode program diatas multi platform. Bahasa Java mendukung objectoriented. Ini menambah daftar kemudahan untuk belajar bahasa Java. 

Java Framework

Ibaratnya seperti ikan dan air yang tidak dipisahkan, ini sama halnya pada Java dan Java Framework Runtime. Bahasa Java memerlukan Java Framework Runtime atau dikenal Java Virtual Machine agar dapat dikompilasi dan dijalankan.
Java Framework merupakan framework yang membungkus kompleksitas OS sehingga konsisten API dapat diperoleh dan tidak dipusingkan dengan beragam API setiap OS yang ada.
Buku ini tidak akan membahas Java Framework atau Java Virtual Machine. Pembaca dapat mempelajari buku yang khusus belajar mengenai Java Framework.   


PERSIAPAN UNTUK MEMPROGRAM

1. Komputer

Komputer merupakan alat yang terpenting untuk membuat kode program Java. Berikut ini beberapa spesifikasi komputer yang dibutuhkan
x Processor 1 GHz atau lebih tingi
x OS yang didukung
9 Linux Ubuntu, Debian, dan generic Linux
9 Windows XP, Vista, 7, 8
9 Windows Server 2003, 2008
9 Mac
x Memory minimal 1 GB. Sebaiknya memory diatas 2 GB untuk kelancaran dan kenyaman waktu membuat kode program
x Hardisk minimal yang kosong 3 GB

2. Code Editor

Dalam membuat kode program Java, penulis merekomendasi menggunakan Visual Studio apapun edition nya. Yang didukung meliputi
x Netbeans
x Eclipse 
Editor Netbeans merupakan editor yang tidak berbayar alias gratis. Pembaca dapat mengunduh Netbeans di http://netbeans.org/ .




 Editor Eclipse merupakan editor yang tidak berbayar alias gratis. Pembaca dapat mengunduh Eclipse di http://eclipse.org .


 





Selain editor diatas, kita dapat menggunakan alternatif lainnya yaitu
x Vi atau Vim untuk Linux
x Text editor baik Windows ataupun Linux



3. Memasak Cepat Kode JAVA

Kalau didunia memasak, kita paling mudah memasak air untuk minum. Sama halnya didunia pemrograman, kita juga dapat membuat kode program dengan cepat. Istilah ini dikenal dengan Hello World.
Tujuan program Hello World adalah memperoleh pengalaman pertama ketika kita memulai pemrograman Java. Mari kita membuat program Hello World.

4. Template Project
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat program “HelloWorld” console, dimana saya disini menggunakan Netbeans IDE 8.0.2, dan masih menggunakan OS Windows :

1. Buka aplikasi Netbeans yang sudah anda install sebelumnya, dengan cara klik Start -> All Program -> Netbeans -> Netbeans 8.0.2. maka akan tampil antarmuka Netbeans seperti berikut :
2. tunggu hingga loading selesai, hingga tampil seperti gambar berikut :
3. Kemudian klik File -> New Project
4. Pada bagian “Categoris” pilih “Java”, dan pada bagian “Project” pilih “Java Application” kemudian klik Next.

5. Maka akan tampil antarmuka seperti pada bagian gambar di bawah ini
  • Di bagian “Project Name” -> adalah nama project yang akan kita buat, dan silahkan diisi dengan nama sesuai keinginan. Disini di bagian Peroject Name saya isi dengan "JavaApplication27". Tapi untuk name disarankan tidak boleh ada spasi, tapi gunakanlah Underscore(_) untuk memisahkan antar kata pada kolom “Project Name” tersebut.
  • Pada bagian “project Location” -> adalah lokasi penyimpanan project yang akan di simpan. Untuk merubah lokasi penyimpanan, silahkan klik tombol “Browse” yang ada di sebelah kanan kolom Project Location.
  • Pada bagian “Create Main Class” -> adalah default/standar bawaan dari pertama kali kita membuat project. Disini saya menyarankan di bagian “Create Main Class” di hilangkan tanda ceklis-nya, alias tidak dibuatkan class utama. Kemudian klik “Finish”.

6. Pada bagian kanan, di bagian project, akan ada project baru  yang telah dibuat tadi dengan  nama “JavaApplication27”. "JavaApplication27" adalah nama dari project yang kita buat tadi.

7. Setelah itu klik tanda “+” yang ada di samping kiri “JavaApplication27”, maka akan tampil dua folder dengan nama “Source Package” dan “Library”.
8. Kemudian pada “Source Package” akan ada “<default package>”, kemudian klik kanan pada “<default package>”, dan pilih “Java Class”.

9. Pada bagian “Class Name” silahkan diisi dengan nama kelas terserah, sesuai dengan keinginan. Disini saya menggunakan nama calss “hello_word” dan klik Finish.
10. Maka akan tampil seperti gambar berikut :
11. Kemudian ketikkan kode berikut :
//-------------------------------------------------
public static void main(String [] args){
System.out.print("Hello Word");
}
//-------------------------------------------------

ketikkan kode tersebut di bawah bagian “public class hello_word”, hingga seperti pada gambar berikut ini:
12. Setelah itu untuk meng-compile(menjalankan) kode program yang sudah dibuatkan tadi, klik kanan pada Class “hello_word.java” dan pilih “Run File”.

13. Setelah di Run, jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, yang di beri garis merah pada bagian “Output – JavaApplication27”

14. Selesai.
Sekian tutorial ini saya buat, semoga bermanfa’at. Dan jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam tulisan ini, mohon di ma’afkan. 

1 komentar:

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Yo...., kali ini saya akan membahas tentang membuat aplikasi android tanpa coding.  Sebenarnya tidak semua aplikasi Androi...